Information and Reviewers

Keuntungan Membeli Mobil Bekas dan Tips Memeriksa BPKB Asli

Membeli kendaraan baru, baik mobil maupun roda dua, selalu menjadi momen yang sangat berkesan dan bergengsi. Itu selalu merupakan perasaan yang luar biasa untuk mendapatkan kendaraan atas nama seseorang. Namun, dengan perasaan yang luar biasa ini, muncul tanggung jawab yang lebih besar. Anda harus memastikan bahwa Anda memenuhi semua persyaratan hukum sebelum Anda mulai menggunakan kendaraan Anda di jalan.

Anda harus mengerti cara cek keaslian bpkb dan memastikan bahwa kendaraan Anda terdaftar sebelum Anda mulai menggunakannya. Jika Anda gagalĀ  mendaftarkan kendaraan Anda, Anda akan diminta untuk membayar denda yang besar.

BPKB adalah dokumen yang dikeluarkan sesuai aturan yang diberikan oleh Undang-Undang Kendaraan Bermotor. Dokumen ini membuktikan bahwa kendaraan tersebut terdaftar di Pemerintah Indonesia.

Undang-Undang Kendaraan Bermotor telah mewajibkan bahwa pemilik setiap kendaraan harus memiliki bpkb yang valid untuk mengendarainya di jalan-jalan Indonesia.

Proses pembelian mobil penuh dengan pilihan penting. Memutuskan merek, model, dan pilihan pembiayaan dan asuransi yang tepat, semuanya merupakan faktor penting. Pilihan lain yang harus Anda buat di awal perjalanan pembelian mobil Anda, adalah memutuskan apakah akan membeli mobil baru atau bekas.

Membeli mobil bekas terkadang terasa seperti pilihan yang lebih rendah dari dua pilihan tersebut. Namun, ada banyak manfaat membeli mobil bekas yang sering diabaikan oleh mereka yang yakin bahwa membeli kendaraan baru selalu merupakan pilihan terbaik.

Mobil Bekas Biasanya Memiliki Harga Lebih Rendah & Lebih Sedikit Depresiasi

Bahkan dengan opsi pembiayaan seperti pinjaman dan sewa, menemukan kendaraan yang sesuai dengan anggaran Anda dapat menjadi tantangan. Jika anggaran Anda menjadi perhatian, maka melihat ke arah bekas bisa menjadi pilihan yang baik.

Secara umum, mobil bekas akan lebih murah daripada merek dan model baru yang sama

Selain itu, membeli mobil bekas menghindari depresiasi awal yang dialami kendaraan Anda saat Anda mengendarainya dari tempat parkir. Selama tahun pertama kepemilikan, mobil baru bisa kehilangan hingga 30% dari nilai awalnya. Mobil bekas masih akan terdepresiasi seiring waktu, tetapi jauh lebih lambat daripada selama beberapa tahun pertama memiliki mobil baru.
Sangat penting untuk cek bpkb mobil bekas Anda asli atau palsu.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini untuk mengidentifikasi keasliannya:

Periksa warna dan font dalam bpkb

Jika Anda memiliki sertifikat palsu, teks akan diberikan dalam font ringan dengan gaya font yang berbeda. Jika itu adalah bpkb asli, tidak akan ada perbedaan dalam nuansa warna dan font teks akan benar-benar jelas.

Periksa ukuran BPKB Anda

Anda dapat mengetahui apakah bpkb Anda palsu atau asli dengan melihat ukurannya. bpkb palsu jauh lebih besar daripada sertifikat asli yang dikeluarkan oleh otoritas resmi.

Perhatikan nomer seri BPKB Anda

Pastikan Anda memeriksa nomer seri bpkb Anda secara menyeluruh. Jika memiliki nomer seri yang tidak tepat dan tidak sesuai dengan yang tertera di kendaraan anda, maka Anda dapat yakin bahwa Anda telah mendapatkan yang palsu.

Perhatikan kertas dasar BPKB Anda

Banyak orang yang memalsukan kertas dasar bpkb saat ini. bpkb asli akan memiliki format kertas dasar yang sangat jelas berbeda dengan kertas dasar yang digunakan dalam sertifikat palsu.

Perhatikan warna stempel pada BPKB Anda dengan cermat

Setiap sertifikat pendaftaran dilengkapi dengan stempel di bagian bawah sertifikat. Stempel ini dapat membantu Anda mengevaluasi apakah sertifikat Anda asli atau palsu.

Ini adalah beberapa cara di mana Anda dapat memeriksa keaslian bpkb Anda. Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki yang asli karena ini adalah dokumen yang sangat penting untuk penggunaan kendaraan Anda.